PERFORMA KELEMBAGAAN DITENTUKAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI ~ Panwaslih Kec. Kairatu Barat

PERFORMA KELEMBAGAAN DITENTUKAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI

Manado, Badan Pengawas Pemilu -Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, performa suatu lembaga akan ditentukan oleh pengelolaanadministrasi lembaga tersebut, mulai dari perencanaan penganggaran, pelaksanaan, sampai pada pelaporan.
Menurut Afif, kesuksesan pengawasan Pemilu, tidak hanya diukur dalam mengawal proses Pemilu saja tetapi juga ketika mampu mengelola anggaran tanpa ada masalah pada pertanggungjawaban keuangan dan hukum.
"Pengawas Pemilu dalam menjalankan kewenangannya, harus bisa ditopang dengan hal-hal yang secure dan terukur sehingga bisa dipertanggunjawabkan," ujar Afif dalam Rapat Penelitian dan Reviu Penyusunan RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2018 Lingkup Bawaslu Provinsi, di Manado, Rabu (25/10) malam.
Jika mampu meraih dua hal tersebut, sambung Afif, maka kepercayaan publik terhadap pengawas Pemilu akan menjadi tinggi. Hal ini menjadi modal sosial yang sangat tinggi.
Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro mengingatkan kepada Bawaslu Provinsi agar mampu memilah antara kegiatan yang menggunakan anggaran Pilkada 2018 yang bersumber dari APBD dan kegiatan yang menggunakan anggaran APBN untuk Pemilu 2019. Sehingga tidak terjadi duplikasi kegiatan dan laporan pertanggungjawaban keuangan.
Gunawan menjelaskan bahwa tahun 2018 nanti akan ada dua poin mata anggaran di Bawaslu Provinsi, yakni anggaran Pilkada 2018 dan anggaran Pemilu 2019 yang tahapannya beririsan.
"Ini sangat berisiko. Jadi saya mohon bantuan dari Bawaslu Provinsi untuk membantu mengontrol anggaran di kabupaten/kota," tutupnya.

sumber: Web bawaslu
Share:

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Perekrutan Pengawas TPS Pemilu 2019 akan segera dibuka,Pantau Terus Facebook,IG dan Web Panwascam Kairatu Barat Untuk Informasi selanjutnya. Terimakasih

Popular Posts

Recent Posts