Mewujudkan Pemilu Berintegritas Melalui Sinergi Bersama ~ Panwaslih Kec. Kairatu Barat

Mewujudkan Pemilu Berintegritas Melalui Sinergi Bersama

Bogor, Badan Pengawas Pemilu - Bertempat di gedung Graha Pena Kota Bogor, Minggu (29/10), Radar Bogor bekerjasama dengan Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) mengadakan acara launching dan diskusi terbuka bertajuk "mewujudkan pilkada 2018 dan pemilu 2019 yang berintegritas". Acara ini menghadirkan narasumber Abhan Ketua Bawaslu RI, Titi Anggraeni Direktur Eksekutif Perludem, Hazairin Sitepu CEO Radar Bogor, dan Syamsudin Alimsyah Direktur Kopel Indonesia.
Dalam kesempatan itu Ketua Bawaslu RI, Abhan menyampaikan hal - hal yang menjadi kewenangan Bawaslu dan jajarannya dalam Undang - Undang terbaru. "Dalam Undang - Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, Bawaslu selain mempunyai fungsi mengawasi, tapi juga mempunyai fungsi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa", paparnya.

Selain itu Bawaslu juga siap melaksanakan amanat undang - undang terkait penguatan jajaran Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota yang statusnya menjadi permanen.
Dia menekankan akan pentingnya sinergi antara penyelenggara, media, masyarakat sipil, serta stakeholders untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu dengan program pengawasan partisipatif yang sudah dikembangkan Bawaslu yakni "Bawaslu mengawasi".

"Mari bersama-sama mengawal Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Karena Pilkada dan Pemilu bukan hanya milik penyelenggara tapi milik kita semua", ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini mengungkapkan bahwa saat ini penyelenggara Pemilu memiliki tantangan yang berat karena dalam waktu bersamaaan harus menyiapkan Pilkada tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019.

Dia mencontohkan, terutama wilayah Jawa Barat yang memiliki kerawanan tinggi. Karena selain jumlah pemilih yang terbesar, Jawa Barat juga rentan penduduknya percaya akan politisasi SARA dan berita - berita yang menyesatkan.

Maka dari itu peran penyelenggara dan pemantau sangat diperlukan sekali. Integritas pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum dapat diukur dari kinerja penyelenggara Pemilunya.
Sependapat dengan Titi, CEO Radar Bogor Hazairin Sitepu dan Direktur Kopel Indonesia Syamsudin Alimsyah juga menekankan pentingnya sinergi penyelenggara, media, masyarakat, dan stakeholders dalam menyelenggarakan Pesta demokrasi yang lebih baik.

Sumber: web bawaslu

Share:

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Perekrutan Pengawas TPS Pemilu 2019 akan segera dibuka,Pantau Terus Facebook,IG dan Web Panwascam Kairatu Barat Untuk Informasi selanjutnya. Terimakasih

Popular Posts

Recent Posts