Terus Mengawasi Coklit, Panwascam Kairatu Barat Ikut Datangi Rumah Warga ~ Panwaslih Kec. Kairatu Barat

Terus Mengawasi Coklit, Panwascam Kairatu Barat Ikut Datangi Rumah Warga



Kamal- Panitia Pengawasan Pemilu (Pamwaslu) Kecamatan Kairatu Barat sampai hari ke Sembilan Terus melakukan Pengawasan terhadap proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dan ikut bersama-sama dengan PPDP mendatangi rumah warga.

Panwascam Kairatu Barat tak mau ketinggalan dalam mengawas proses ini. Hanya saja Panwas tidak bertugas seperti Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), melainkan, melakukan pengawasan langsung terhadap proses Coklit di rumah warga, Senin (29/1/2018).
Ketua Panwaslu Kecamatan Kairatu Barat, Raimond J Akollo yang terjun langsung mengatakan, hal tersebut dilakukan bersama PPL untuk memastikan proses Coklit yang dilakukan oleh PPDP, apakah sudah berjalan sesuai dengan prosedur.

"Kami memastikan hal ini karena proses ini sangat penting untuk memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan agar tidak kehilangan hak pilihnya," ujarnya.

Menurutnya, dalam UU telah dijamin hak pilih warga negara dan jika ada orang atau pihak yang sengaja baik secara administrasi maupun dalam bentuk lain menghilangkan hak pilih seseorang maka sanksi pindana akan dikenakan, sehingga pihaknya mengawasi proses ini dengan ketat.


Disamping itu, Komisioner lainnya, Julkifli La Ode yang juga terjun langsung mengawasi proses pencoklitan tersebut mengatakan tujuan dari pada Coklit ini salah satunya adalah agar Data pemilih yang dipegang oleh PPDP adalah benar-benar sesuai dengan fakta dilapangan sehingga tidak terdapat pemilih fiktif.
"Coklit juga bertujuan memastikan bahwa semua data pemilih yang ada pada penyelenggara sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga bisa menghindari adanya pemilih fiktif," tambahnya.

Dirinya berharap samapai pada tanggal 18 Februari 2018 nanti sesuai dengan Jadwal Tahapan Coklit, PPDP bias menyelesaikan tugas mereka dengan baik tentunya sesuai prosedur yang di atur baik dalam Undang-undang maupun Peraturan KPU.Jho
Share:

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Perekrutan Pengawas TPS Pemilu 2019 akan segera dibuka,Pantau Terus Facebook,IG dan Web Panwascam Kairatu Barat Untuk Informasi selanjutnya. Terimakasih

Popular Posts

Recent Posts